Beranda > Tips and Tricks > [Tips] Cara Mudah Membuat Email di Gmail.com

[Tips] Cara Mudah Membuat Email di Gmail.com


gmail

Mengingat tidak semua orang bisa dalam membuat e-mail, maka saya akan mencoba membuat sebuah tutorial tentang “Bagaimana membuat e-mail di Gmail.com?”

Tutorial ini dibuat karena saya “agak” kesal dengan teman saya. Ya, masa hari gini bikin e-mail aja sampe kebakaran jenggot? Bukan maksud saya apalah, tapi ya setidaknya hal sekecil gini bisa. So, saya jadi tergerak hatinya untuk share cara membuat e-mail di Gmail.

1.    Masuk ke alamat: www.gmail.com, kemudian cari Buat Akun baru disebelah form mau sign in (masuk). Sebetulnya, jika di akses dari Negara Indonesia, maka bahasanya pun akan lebih mudah, karena bahasa Indonesia.

2.    Nah, sudah terlihat kan formulir pendaftarannya? Ok, kita mulai cara selanjutnya. Lihat contoh:

  • Nama Depan : Steven
  • Nama Belakang : Gerrad
  • Nama Login yang diinginkan : selaludihati

Setelah mengisi data di atas, kawan cek dulu apa nama e-mail ini udah ada yang punya atau belum. Klik saja Cek Ketersedian. Jika tersedia, berarti kawan berhak atas nama tersebut, lanjut saja ke tahap selanjutnya.

  • Buat Sandi (Password) : misalkan: saya90dia91ok (saran saya, gunakan kombinasi huruf sama angka agar tidak mudah dikira-kira sama orang lain, baca: hack. Sandi minimal 8 karakter, silahkan mau 20 karakter juga. Asal ingat!! 🙂
  • Masukan Kembali Sandi : saya90dia91ok (tulis kembali sandi tadi, 🙂
  • Pertanyaan Rahasia : kawan bisa memilih pertanyaan yang tersedia, klik saja panah yang ke bawah. Saran saya, bikin saja pertanyaan baru, missal: Siapa pacarmu yang ke 9?. Fungsi dari pertanyaan ini adalah ketika kawan lupa password, maka Gmail menggunakan pertanyaan ini sebagai verifikasi. Kemudian password yang lama, diganti dengan yang baru. Jadi, jangan khawatir ketika kawan lupa password, ingatlah jawaban dari pertanyaan ini.
  • Jawaban : jawaban dari pertanyaan tadi. Buat jawaban yang mudah diingat.
  • E-mail sekunder : diisi jika kawan mempunyai e-mail lain. E-mail ini juga berfungsi sebagai e-mail penyembuh e-mail kamu jika lupa password. Jika tidak diisi juga tidak berpengaruh. J
  • Lokasi : Indonesia
  • Ulang Tahun : di sana formatnya: BULAN/HARI/TAHUN. Ketik saja sesuai itu, contoh: 10/25/2011.
  • Verifikasi Kata : ketik kata yang tertampil, biasanya mudah dibaca dan karakter yang ada diacak oleh Gmail. Jika tidak jelas, bisa diganti dengan gambar lain.
  • Setelah semuanya diisi, kemudian klik tombol/ceklist saya menerima. Dan Buat Akunku.

3.    Tahap selanjutnya, kawan akan dibawa ke halaman yang baru. Isinya itu sebagai verifikasi pendaftaran. Masukan no hape kawan, ketik dengan kode negaranya, contoh: 085678937. Nah, setelah itu kawan dibawa ke halaman baru lagi. Jangan diapa-apain dulu. Baca tahap 4.

4.    Lihat hape kawan, apa ada sms dari Google/Gmail? Jika ada, masukan kodenya. Jika berhasil, kawan dibawa ke halaman yang mengatakan bahwa e-mail berhasil dibuat. Klik Tunjukan Akun Saya. Selesai dah, 🙂

Ok kawan, begitulah caranya. Jika ada yang merasa bingung, komen aja ya. Karena kita harus Slalu Bisa. 😀

  1. Jefri sp.
    27 Maret 2011 pukul 10:10

    Aku dah tahu br0… Hehe
    masa temenmu gtu gk bsa…
    ReyJinZ

    • 27 Maret 2011 pukul 15:30

      yah kan namanya juga manusia, haha
      gapapa dah. btw, thx dah mampir…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar