Beranda > Berita Umum, Ilmu Pengetahuan > [Komentator] Mengapa Jika Laki-Laki Tidak Merokok Suka Disebut BANCI?

[Komentator] Mengapa Jika Laki-Laki Tidak Merokok Suka Disebut BANCI?


Jengkelkah kalian para laki-laki, jika lagi enak nongkrong/ngobrol ma teman kalian, kemudian ditawari rokok dan kalian menolaknya, eh dibilang perempuan kek, banci kek. Sumpah, kesel kalau sampe kayak gini. Tuh lihat, banci aja suka ngerokok, lalu sebutan apa untuk mereka, LAKI-LAKI gitu? Dasar ngga mikir pake otak. Dan itu, doraemon pun tidak ada rasa lucu-lucunya, keliatan ngga kayak mafia kekurangan duit, mikirin hutang kali :p

Merokok atau tidak adalah HAK bagi setiap orang. Lagian, merokok bisa dikatakan rutinitas atau hibi bagi yang menyukainya, TAPI jangan engkau limpahkan kekesalan pada temanmu itu. Kalo temen saya ngomong kayak gitu lagi, saya sumpelin tuh ROKOK sampe ke mulut dowernya. -__-

Nih saya ad artikel balasan buat PEROKOK:

Apa sih manfaat yang diperoleh dengan merokok itu?

Itulah pertanyaan yang selalu terlontar di dalam benak saya ketika mendengar ataupun menyaksikan ada orang yang merokok. Rokok hanya menghasilkan asap. Lalu asap itukah yang menjadi daya tarik. Biasanya sesuatu yang menarik itu pasti karena ada “sesuatu” sehingga menjadikan sesuatu itu menjadi sesuatu banget kata syahrini seperti itu.

Misalkan anda suka makan buah jeruk. Ketika anda makan jeruk apa yang anda harapkan dengan jeruk itu? pasti anda memakan buah jeruk karena rasanya yang segar dan mengandung vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Lalu apakah relevan jika dihubungkan dengan rokok? Jawabannya sangat relevan. Pertama, rokok itu rasanya seperti apa sih? Manis, asam, atau seperti apa? Kedua, bagaimana khasiatnya bagi tubuh?

Hmm… pasti tak akan ada yang bisa menjawabnya. Kecuali orang yang menjawabnya itu sudah gila, sedang mabuk, atau sambil bercanda.

Merokok Itu Menyehatkan?

Kalau dilihat dari segi kesehatan jelaslah bahwa rokok merupakan sumber malapetaka. Rokok hanya akan memberikan penyakit pada tubuh bukan kesehatan. Saya rasa kita semua sudah sangat paham akan hal itu.

Tak usahlah saya sebutkan satu per satu apa dampak merokok bagi tubuh. Karena setiap hari kita pasti mendengar, membaca dan menyaksikan peringatan yang menjelaskan mengenai dampak yang ditimbulkan karena merokok.

“MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”.

Pernyataan seperti itu hanya sebagai pemanis dibibir saja. Sudah jelas sekali tulisan itu mudah untuk dibaca dan dipahami. Walau semua perokok sudah memahaminya dengan jelas tetap saja kebiasaan merokok susah untuk dihindari. Apa rokok bisa menyebabkan kecanduan atau ketergantungan? Mungkin saja bisa. Namun apakah bisa dihindari atau ditinggalkan? Jelas saja jawabannya sangat bisa. Lihat saja banyak kok orang yang berhenti merokok.

Merokok Supaya Dibilang Gaul?

Saya dulunya juga pernah mencoba-coba bagaimana rasanya merokok itu. maklumlah masih anak-anak. Ada perasaa untuk coba-coba supaya bisa dibilang gaul. Gaul? Ya… doktrin seperti itu yang selalu kita temui di masyarakat. Para remaja beranggapan seperti itu. kalau tidak merokok dibilang tidak gaul, tidak gentel atau banci. “Banci saja merokok masa kamu nggak?!”. Akibat pernyataan seperti itu otomatis banyak remaja yang coba-coba merokok. Merokok supaya tidak dicap banci dan supaya tidak menjadi bahan olokan bagi teman-temannya.

Gaul itu sebenarnya seperti apa sih? Harus merokok? Gaya keren?

Lalu dengan merokok, bisa dibilang gaul? Yang ada malah sebaliknya. Akibat merokok tubuh penuh penyakit. Hidup malah semakin hancur. Ketika sudah seperti itu masih bisa dibilang gaul?

Peran Orang Tua Sangat Berpengaruhi

Maka dalam hal ini remaja menjadi sangat rentan. Memang awalnya hanya coba-coba saja. Namun karena tuntutan keadaan membuat ia harus sering berhubungan dengan rokok dan asap rokok. Akhirnya berujung pada kecanduan, ketagihan atau ketergantungan. Susah untuk dihentikan.

Karena remaja sangat rentan dalam masalah ini maka peran orang tua sangat penting dalam memberikan pemahaman akan dampak yang ditimbulkan akibat merokok. Jika sejak awal sudah ditanamkan maka masalah ini bisa sedikit ditanggulangi. Ketika sudah semakin besar anak akan bisa berpikir mana yang terbaik baginya.

Namun yang menjadi permasalahan adalah bagaimana anak tidak merokok sedangkan orang tuanya saja merokok. Orang tua jelas sangat sangat mempengaruhi. Jangan marah pada anak jika ia merokok sedang ayahnya juga merokok. Seperti kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ayah merokok anak biasanya juga merokok. Sedikit yang dijumpai ayah merokok tapi anak tidak merokok.

 Tidak Merokok, Tubuh Sehat Kantong Juga Sehat

Yang sering kita jumpai di masyarakat bahwa yang suka merokok itu adalah mereka yang kondisi ekonominya susah. Ekonominya susah namun masih saja menghambur-hamburkan uang. Merokok kan sama saja dengan membakar uang.

Kalau ingin kaya dan banyak uang maka jangan merokok. Mendingan uang yang seharusnya digunakan untuk membeli rokok itu dialihkan untuk keperluan yang lebih penting. Uang itu digunakan untuk keperluan anak istri, ditabung untuk modal usaha dan sebagainya yang lebih memberi manfaat dan menguntungkan.

Jadi sudah jelas kan, merokok itu TIDAK sehat. Hanya orang yang ngga WARAS alias gangguan jiwa saja yang bilang demikian. Ingat, SEHAT itu MAHAL. Jika sudah SAKIT, ROKOK pun tidak akan menolong. Malah lebih baik lanjut merokok saja sampai anda mati. -__- *kesel

credit: http://kesehatan.kompasiana.com

  1. 25 Januari 2013 pukul 15:34

    Reblogged this on pensamiento amplio.

  2. 19 September 2014 pukul 11:48

    Ada yang bilang cowo yang ngeroko itu macho,beda dari yang lain .beda dari yang lain gimana magsud nya ? beda dari orang yang ngeroko !.justru orang yang ngeroko itu macho ,macho itu sehat luar dalam jantung nya juga sehat tanpa ada kadar nikotin.yang gak ngeroko itu beda dari yang lain gak ngeroko srangkan kebanyakan 70% remaja cowo pada ngeroko nahhh jadi yang gak ngeroko itu beda dari yangg lainn mending waktu luang nya di pakai aktivitas yang bermanfat untuk tubuh dan orang banyakk bukan ngeroko menghamburkan uang,waktu,dan membuat udara kotor terhirup orang banyak!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: